Demokrat dan Golkar Pelanggar Terbanyak

Jakarta, Kompas – Pelanggaran sepanjang paruh pertama kampanye rapat umum Pemilu Legislatif 2009 terbanyak dilakukan oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar, disusul oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Wakil Ketua Kelompok Kerja Pengawasan Kampanye Badan Pengawas Pemilu Wirdyaningsih, Kamis (26/3) di Jakarta, mengatakan, partai dengan pelanggaran terbanyak adalah Partai Demokrat dengan 22 pelanggaran, dengan 17 di antaranya pelanggaran pidana pemilu. Partai Golkar dilaporkan melakukan 20 pelanggaran, dengan 16 di antaranya pelanggaran pidana pemilu.

”Pelanggaran-pelanggaran itu masih diklarifikasi. Juga tidak berarti partai lain tidak pernah melanggar, tetapi karena banyak partai tidak mengoptimalkan kampanye rapat terbuka,” tutur Wirdyaningsih.

Secara keseluruhan, dari 28 provinsi yang sudah melaporkan pelanggaran kampanye terbuka, terjadi 197 pelanggaran. Sebanyak 159 di antaranya adalah pelanggaran pidana pemilu, sedangkan 16 pelanggaran administrasi dan 22 pelanggaran lain-lain.

Pelanggaran pidana pemilu yang paling banyak dilakukan adalah pelibatan anak-anak (99 laporan) dan penggunaan fasilitas negara dan pemerintahan (23 laporan).

Menurut Wirdyaningsih, pelibatan anak-anak yang akan dikenai sanksi sesuai dengan UU No 10/2008 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD adalah yang dikoordinasikan oleh panitia dan membuat anak-anak aktif di panggung dengan atribut partai.

Oleh karena itu, pelanggaran pelibatan anak, seperti yang pernah diklarifikasi kepada Partai Demokrat Selasa (24/3), tidak masuk kategori ini.

Sebaliknya, Partai Kebangkitan Bangsa akan dikenai sanksi karena anak-anak beraksi dalam sendratari di panggung kampanye.

Dalam UU No 10/2008, pelanggaran pidana, baik pelibatan anak maupun penggunaan mobil dinas, bisa dikenai hukuman 3-12 bulan penjara dan denda sebesar Rp 30 juta-Rp 60 juta. Adapun peserta kampanye yang membawa anak-anak bisa dikenai UU 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. (INA)

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di Pemilu 2009 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s