Sekaya apakah mereka

Gaya hidup mewah yang dianut beberapa anggota Dewan menjadi sorotan di tengah kondisi masyarakat yang serba susah. Hal yang cukup kelihatan di mata masyarakat adalah kepemilikan mobil-mobil mewah berharga miliaran rupiah.

Anggota Komisi III DPR, Ruhut Sitompul, misalnya, politikus Partai Demokrat itu memiliki mobil mewah keluaran Inggris merek Bentley GT Sport yang harganya mencapai Rp 7 miliar. Namun, kepemilikan Bentley yang kata Ruhut sama dengan milik pesepak bola Inggris, David Beckham, itu belum dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir disampaikan Ruhut ke KPK pada 22 Juli 2010, hanya tercatat kepemilikan empat kendaran yang nilai totalnya Rp 1,3 miliar.

Kendaraan-kendaraan milik Ruhut itu terdiri dari mobil Mercedes Benz tahun 1996 yang nilainya Rp 85 juta, Toyota Alphard seharga Rp 1 miliar, mobil Toyota Kijang Innova senilai Rp 250 juta, dan motor Honda seharga Rp 15 juta. Total nilai kendaraan yang mencapai Rp 1,3 miliar itu hanya seperlima dari total harta Ruhut.

Berdasarkan LHKPN-nya, advokat itu memiliki total harta lebih dari Rp 6,6 miliar. Ruhut juga memiliki harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan senilai total Rp 1,5 miliar, logam mulia Rp 3,7 miliar, surat berharga Rp 50 juta, serta giro setara kas senilai Rp 7,1 juta. Menurut Ruhut, kepemilikan hartanya itu bukan didapat dari hasil korupsi.

"Saya lahir sudah jadi orang kaya," kata Ruhut di DPR beberapa waktu lalu.

Selain Ruhut, anggota Dewan yang tengah menjadi sorotan masyarakat karena kepemilikan mobil mewahnya adalah anggota Komisi III DPR asal Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, dan anggota Komisi III dari Fraksi PDI-P, Herman Hery.

Berdasarkan LHKPN, nilai total kendaraan Bambang mencapai Rp 10,4 miliar. Nilai tersebut merupakan gabungan harga 15 kendaraan yang dimiliki Bambang, termasuk dua mobil mewahnya bermerek Bentley dan Hummer. Selain dua mobil mewah itu, diketahui bahwa pengusaha tersebut memiliki mobil mewah lainnya seperti Land Rover, Mercedes Benz, Alphard, dan motor Harley Davidson. Nilai kendaraan-kendaraan itu dilaporkan Bambang pada 28 Januari 2010.

Total harta Bambang Soesatyo yang dilaporkan ke KPK mencapai Rp 24,1 miliar dan 20.095 dollar AS.

Sementara Herman Herry melaporkan kepemilikan mobil mewahnya bermerek Alphard dan Range Rover pada 24 Februari 2010. Adapun total harta kekayaan Herman yang dilaporkannya tahun lalu mencapai Rp 23,4 miliar. Harta Herman tersebut meningkat dibandingkan tahun 2003 yang nilainya Rp 12,1 miliar.

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s