Gempa di bantul semalam merupakan bukti sesar opak masih aktif

Sudah lama meniggalkan bantul, sudah beberapa tahun sejak gempa di bantul. Tak disangka ternyata masih ada potensi gempa lagi.
Berikut beritanya

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sesar Opak di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diduga masih aktif. Hal ini dibuktikan dengan adanya gempa berkekuatan 3,0 skala Richter (SR), Rabu (16/11/2011) pukul 21.36 WIB.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Geofisika Yogyakarta Toni A Wijaya mengatakan, pusat gempa berasal dari sekitar Patahan Opak. Ia menduga sesar atau patahan purba itu masih aktif. Meski demikian, kekuatan pada gempa-gempa yang ditimbulkan umumnya relatif kecil.

Gempa bumi pada Rabu malam berpusat di kedalaman 10 kilometer, sekitar 12 kilometer barat daya Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, atau pada posisi 7,98 Lintang Selatan-110,49 Bujur Timur. Menurut Toni, gempa bumi tektonik pada 27 Mei 2006 yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya berpusat di sekitar Sesar Opak di wilayah Bantul. Pascagempa tersebut, kata Toni, sering terjadi gempa kecil yang berpusat di sekitar Sesar Opak. "Namun, gempa-gempa itu sumbernya atau pusat gempanya dari sesar minornya Sesar Opak," katanya.

Beberapa gempa kecil yang berpusat di sekitar Sesar Opak pascagempa besar 27 Mei 2006 antara lain gempa berkekuatan 3,4 SR pada 24 Maret 2008 pukul 22.18. Gempa lainnya terjadi pada 21 Agustus 2010 malam dengan kekuatan 5,0 SR. Pusat gempanya sekitar 27 kilometer timur Sesar Opak.

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gempa di bantul semalam merupakan bukti sesar opak masih aktif

  1. Anonymous berkata:

    wah kl gt bantul masih ga aman ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s