Anggota DPR doyan bolos

Maraknya anggota dewan yang tidak hadir dalam sejumlah rapat di DPR mengundang reaksi beragam. Salah satunya pengamat politik Fadjroel Rahman. Fadjroel menilai sikap anggota dewan yang demikian merupakan bentuk mandulnya Badan Kehormatan DPR.

“Badan Kehormatan mandul tidak bisa berbuat apa-apa, akibatnya anggota merasa sudah tidak takut,” ujar Fadjroel kepada okezone, Sabtu (19/11/2011).

Kata Fadjroel, seharusnya wakil rakyat tidak bersikap demikian. Hal itu sama saja telah menghina rakyat. Oleh karenanya, Fadjroel meminta rakyat tidak tinggal diam menanggapi persoalan tersebut, namun sebaliknya terus menyuarakan agar para wakil rakyat tersebut sadar.

“Rakyat bertindak artinya bersuara keras teriak kerja, kerja, dan kerja. Jangan main-main dengan rakyat. Ini nasib masa depan kita semua. Rakyat jangan tidak peduli,” tutur Fadjroel.

Selain itu, menurut Fadjroel langkah untuk mempersempit maraknya anggota dewan yang bolos rapat dengan memperketat kode etik di DPR. “Jalan satu-satunyanya kode etik DPR harus diperkeras, partai harus lebih keras pada anggotanya, tindak tegas kedisiplinan anggotanya,” katanya.

“DPR buta dan tuli hati nuraninya tidak ada jalan lain rakyat harus berteriak keras. Kita harus aktif menghukum mereka, paling tidak saat pemilu nanti jangan dipilih mereka lagi,” tutupnya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan pimpinan DPR kesal dengan banyaknya anggota dewan yang bolos dalam sejumlah rapat. “Pada titik tertentu Pak Marzuki kesal, kami semua (pimpinan DPR) sebenarnya gregetan,” tutur Priyo.

Sejak Oktober 2009 hingga Juni 2010 tercatat tingkat kehadiran anggota DPR terus mengalami penurunan. Pada masa sidang I yaitu Oktober hingga Desember 2009 tingkat kehadiran anggota 92,5 persen, namun pada masa sidang II menurun 84,3 persen dan sidang III menjadi 71,59 persen

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s