Steve Jobs Dituding Sebarkan Kultur Egois

Pimpinan agama Yahudi di Inggris, Chief Rabbi Lord Sacks, menampilkan pidato yang mengecam mendiang Steve Jobs dalam sebuah forum antaragama di Inggris. Jobs dianggap bertanggung jawab menghasilkan kultur konsumtif yang egois.

“Masyarakat konsumen saat ini dibangun landasannya oleh Steve Jobs, saat ia turun gunung membawa dua tablet, iPad dan iPad 2. Hasilnya kini kita memiliki sebuah budaya iPod, iPhone, iTunes, i, i, i,” tutur Sacks.

Turun gunung yang dimaksud Sacks mengacu pada kisah Musa yang membawa dua lempeng batu (tablet) berisi 10 perintah Tuhan. Namun, “ajaran” yang dibawa Jobs, menurut Sacks, hanya mengedepankan diri sendiri dan tidak memedulikan orang lain.

Tentunya, Jobs bukan satu-satunya sosok yang dianggap bertanggung jawab. Sacks juga menyindir industri iklan yang mendukungnya. Menurut dia, iklan hanya membuat masyarakat sadar akan barang apa yang mereka tidak punya, bukannya mensyukuri apa yang sudah mereka miliki.

Solusinya, lanjut Sacks, adalah kembali pada keluarga dan iman masing-masing. “Kecuali kita kembali ke nilai-nilai ini, kita akan berhasil membuat anak cucu kita makin tidak bahagia,” katanya.

Di sisi lain, pandangan Sacks ini tidak perlu ditelan mentah-mentah. Toh, banyak juga yang merasakan manfaat dari keberadaan gadget seperti iPad, iPhone, ataupun iPod yang diusung Jobs.

Published with Blogger-droid v2.0.1

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di gadget, internet. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s