Politikus dengan vis negarawan kian langka

JAKARTA–MICOM: Politikus senior partai Golkar, Akbar Tandjung mengakui jika saat ini sulit mencari prototipe politisi yang mampu membuat perubahan lewat paradigma kenegarawanan. 

“Sekarang susah mencari prototipe politisi. Kita membutuhkan politisi berkenegarawanan yang memiliki visi demokratis,” ujarnya dalam acara seminar CSIS bertajuk Selamat Tinggal Politik Transaksional, Selamat Datang Politik Bermartabat? di Jakarta Selatan, Selasa (6/12). 

Menurut Akbar, hal ini tidak terlepas dari sistem politik yang terlalu melebar. Ia menguraikan, kondisi multipartai saat ini tidak sesuai dengan aliran pemikiran yang ada di Indonesia. “Seharusnya parpol dibentuk berdasarkan aliran pikiran,” ujarnya. 

Ia bahkan setuju jika sistem politik saat ini harus dirombak total. “Saya setuju kita tinggalkan ini, kita bikin sistem politik yang baru,” ungkap mantan Ketua DPR RI tersebut. 

Salah satunya, lanjut Akbar, adalah dengan memperkuat kekuatan sipil yang ada saat ini. “Mari kita perkuat kekuatan-kekuatan sipil yang mampu mendesak kekuatan yang ada. Kekuatan-kekuatan sipil kita butuhkan. Mari kita bicarakan sesuatu yang dibutuhkan negara ini,” ujarnya. 

Namun, untuk mencapai itu, ia meminta agar citra politik sebagai sarana perjuangan aspirasi harus diperbaiki terlebih dahulu. “Jangan berikan penilaian politik ini jelek,” ujarnya. 

Ia pun tidak memungkiri jika niat seorang politisi akan berpengaruh pada perubahan berbangsa. “Kalau niatnya hanya berkuasa, memang tidak akan mungkin (berubah),” tukasnya. 

Selain itu, perubahan juga memerlukan optimisme yang mutlak. “Kita tidak boleh pesimis, kita harus optimis, kita lakukan perubahan,” tukasnya. (*/OL-2) 

Published with Blogger-droid v2.0.1

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s