6 Situs e-Commerce yang Mendominasi Pasar Online Indonesia

Liputan6.com, Jakarta : Ekosistem toko dan bisnis online atau yang lebih populer dengan nama e-commerce di Indonesia pelan-pelan menunjukan geliatnya. Menurut data yang dirilis biro riset Frost & Sullivan, bersama China, Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan pasar e-commerce terbesar di dunia dengan rata-rata pertumbuhan 17 persen tiap tahun.

Bila melihat potensi tersebut, tak heran jika kegiatan berbelanja online kini telah menjadi gaya hidup yang digandrungi oleh banyak orang. Hal ini juga mendorong munculnya berbagai toko online baru yang hadir untuk bersaing di industri pasar online Indonesia.
Kali ini tim tekno Liputan6.com akan mengulas 6 pelaku industri e-commerce yang saat ini ditengarai mendominasi pasar online Indonesia. Hebatnya, meski rata-rata masih melibatkan dukungan asing, beberapa di antaranya merupakan perusahaan yang dirintis oleh putra-putri asli Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Tokopedia


Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko online terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, Tokopedia.com pertama kali dapat diakses oleh publik dalam versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009.
Saat ini Tokopedia berhasil menjadi situs marketplace online dengan tingkat kunjungan paling tinggi di Indonesia, yakni di peringkat 55 menurut situs web pengukur tingkat dan kualitas kunjungan Alexa.com per tanggal 1 April 2013. Selain itu, Tokopedia juga telah memiliki lebih dari 20 ribu merchant, 56 ribu anggota terdaftar, dan ratusan ribu produk.
Hebatnya lagi, pada awal masa berdirinya, selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010 Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir Rp. 6 miliar.
2. TokoBagus

Tokobagus.com merupakan situs iklan baris yang berbasis di Indonesia. Situs web ini merupakan perusahaan yang diinvestasi oleh Myriad International Holdings (MIH), yang tak lain adalah investor dari Situs web jual beli online Multiply.
Di situs ini, pengguna dimungkinkan untuk mengiklankan berbagai macam jenis barang yang ingin dijual. Dalam melakukan transaksi, baik penjual maupun pembeli tidak dikenakan biaya. Pertama kali hadir di tahun 2005, saat ini TokoBagus.com diklaim memiliki lebih dari 100 ribu pengunjung tiap harinya.
TokoBagus.com sendiri mendapatkan keuntungan dari iklan komersial dan biaya keanggotaan premium yang ditawarkan bagi pengguna aktif.
3. Berniaga

Layaknya TokoBagus.com, Berniaga.com juga merupakan situs iklan baris di Indonesia yang difokuskan untuk aktivitas jual beli online. Situs ini beroperasi di bawah bendera perusahaan PT 701Search, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan media patungan antara Singapore Press Holdings (SPH) dan Schibsted Classified Media (SCM).
Forum jual beli ini sudah beroperasi sejak Desember 2009 dan menawarkan pemasangan iklan gratis di berbagai kategori seperti properti, kendaraan, elektronik, dan lain-lainnya. Situs jual beli dan pasang iklan gratis berslogan “Jual beli mudah di berniaga.com” ini sendiri berfungsi untuk menjembatani dan mempermudah proses transaksi antara penjual dengan pembeli.

4. Bhinneka


Bhinneka.com adalah toko online yang bergerak di bidang penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Sistem penjualannya sendiri didukung oleh toko offline Bhineka yang tersebar di beberapa lokasi di wilayah Jakarta sehingga dapat dikunjungi secara langsung oleh para konsumen yang tak memiliki akses terhadapa jaringan internet.
Saat ini Bhineka.com sudah sangat berkembang dengan jumlah transksi online perharinya mencapai 400 transaksi, jumlah ini diklaim hanya sekitar 2 persen dari total kunjungan online perharinya.
5. Lazada Indonesia

Lazada sendiri adalah jaringan toko online yang bermuara pada perusahaan raksasa ritel asal Jerman bernama Rocket Internet. Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Lazada pertama kali hadir pada tahun 2012 kemarin. Toko online yang dikenal sebagai Amazon-nya Asia ini menyediakan berbagai jenis produk apapun. Mulai dari elektronik, buku, mainan anak, hingga alat kesehatan dan produk kecantikan.

6. Zalora Indonesia

Zalora Indonesia merupakan toko online yang mengkhususkan diri pada kebutuhan fashion. Zalora menawarkan beberapa produk dari beragam brand terkenal, baik produk lokal maupun internasional. Zalora Indonesia didirikan pada tahun 2012 lalu yang merupakan satu dari cabang situs belanja online terbesar Eropa bernama Zalando.
Nah, Zalando sendiri ternyata merupakan salah satu anak perusahaan dari Rocket Internet yang juga merupakan perusahaan induk dari Lazada. (dhi/dew)

sumber berita :
liputan6

komen:
kalau saya lebih sering belanja di bhineka, untuk ecomerce lumayan. bisa menawarkan banyak cara pembayaran.
sedangan berniaga dan toko bagus itu lebih merupakan pasar online, tempat dimana penjual dan pembeli bertemu.

Tentang ariusbhe

saya seorang pria, asal bantul yogyakarta. saat ini sedang berjuang menyelesaikan skripsi saya. untuk mencapai gelar S1
Pos ini dipublikasikan di internet, nasional, teknolgi, Teknologi, wirausaha. Tandai permalink.

2 Balasan ke 6 Situs e-Commerce yang Mendominasi Pasar Online Indonesia

  1. Abdurrazaq berkata:

    masih ada kaskus, rakuten, blibli, dll. ternyata banyak juga ya pemainnya.

  2. ariusbhe berkata:

    betul gan,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s